Home > Prudential Indonesia > 15 Tahun di Indonesia

15 Tahun di Indonesia

15 Tahun di Indonesia, Nilai Investasi Prudential Rp 18,6 Triliun

Asuransi PT Prudential Life Assurenca menginjak usia 15 tahun melayani masyarakat Indonesia. Kini telah melayani lebih sejuta nasabah dengan total investasi Rp 18,6 triliun.

Riauterkini-JAKARTA-Memperingati 15 tahun pelayanannya, PT Prudential Life Assurance menegaskan kembali komitmennya untuk memperkuat dan memperluas investasinya di Indonesia yang telah mencapai Rp 18,6 triliun sejak tahun 1995. “Indonesia merupakan salah satu pasar utama Prudential dengan pangsa pasar mencapai 18% dari total penjualan di Asia Pasifik per Juni 2010,” Group Chief Executive Prudential plc, Tidjane Thiam, menuturkan di sela-sela Board Meeting yang diadakan di Indonesia pada minggu pertama November 2010. Sejumlah dewan direksi Grup Prudential turut menghadiri pertemuan yang juga bertepatan dengan ulang tahun Prudential Indonesia yang ke-15. Dipilihnya Jakarta untuk pertama kalinya sebagai tuan rumah tidak terlepas dari prestasi berkelanjutan Prudential Indonesia yang antara lain berhasil mencapai total pendapatan premi sebesar 4,5 triliun Rupiah pada semester pertama 2010, atau naik 36% dari periode yang sama tahun 2009.

Dalam kesempatan itu pula, direksi Group Prudential termasuk Asia dan Indonesia bertemu dengan Wakil Presiden Boediono dan meyampaikan komitmen jangka panjang Prudential untuk terus mendukung perkembangan sektor jasa keuangan di Indonesia. Dalam pertemuan yang berlangsung di istana Wakil Presiden Rabu 3 November lalu, Prudential menjelaskan bahwa seluruh dana dari Indonesia diinvestasikan di Indonesia, dimana sebagian besar dana itu masuk ke ekuitas dan juga obligasi pemerintah. “Prudential adalah salah satu pembeli utama obligasi negara, termasuk Syariah atau sukuk, yang kami beli dalam jumlah signifikan mana kala ada emisi sukuk,” jelas Thiam kepada Wakil Presiden.

“Saya senang Prudential dapat hadir di Indonesia,” ujar Wapres Boediono, seperti dilansir dari situs Wapres. Menurut Wapres, dana masyarakat yang diinvestasikan kembali di Indonesia ini tentu bisa menjadi salah satu sumber dana untuk pembangunan. Wapres menjelaskan, industri asuransi merupakan sektor yang baru berkembang di Indonesia. Ini juga berarti ruang untuk tumbuh masih sangat luas. Prudential menginvestasikan dana-dana tersebut dalam jangka panjang, sesuai dengan karakter produknya yang utamanya berupa asuransi unit link.

Ditunjang oleh lebih dari 61,000 agen berlisensi, Prudential Indonesia melayani lebih dari 1,000,000 nasabah yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. “Ke depannya, kami akan terus mengembangkan segmen asuransi Syariah yang belum tergarap secara maksimal.” tutur Senior Vice President Director Prudential Indonesia, William Kuan, dalam jumpa pers di Jakarta.

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) merupakan bagian dari Prudential plc, grup jasa keuangan terkemuka yang berbasis di London, Inggris. Sampai akhir semester pertama 2010, Prudential Indonesia membukukan total pendapatan premi Syariah sebesar 534 miliar Rupiah, atau naik 38% di bandingkan periode yang sama tahun lalu. Untuk bisnis baru, asuransi Syariah berkontribusi sekitar 23% dari total bisnis baru Prudential Indonesia yang mencapai 2,2 triliun Rupiah, naik 43 % dari tahun lalu. Tingkat kesehatan Prudential yang diukur dari Risk-based Capital (RBC) sebesar 696%, jauh di atas ketentuan minimal yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan sebesar 120%.

Hal-hal penting mengenai bisnis Prudential di Indonesia:
 Total Pendapatan Premi (collected) sebesar Rp4,5 triliun naik 36% dari semester I/2009
 Total Pendapatan Premi Syariah sebesar Rp534 Miliar, naik 38% dari semester I/2009
 Total Bisnis Baru sebesar Rp2,2 triliun naik sebesar 43% dari semester I/2009
 Total Dana Kelolaan sebesar Rp18,6 triliun naik 46% dibanding periode sama di 2009
 Total Aset sebesar Rp 20,5 triliun naik 48% dibanding periode sama di 2009
 Pembayaran klaim sebesar lebih dari Rp258 miliar, naik sebesar 7% dibanding periode sama di 2009
 Total jumlah nasabah tumbuh 28% menjadi lebih dari 1.000.000 orang
 Total jumlah tenaga pemasaran berlisensi lebih dari 61.000 orang
 Tingkat kesehatan perusahaan yang diukur dari Risk-based Capital (RBC) sebesar 696%, jauh di atas ketentuan minimal yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan sebesar 120%
 Pengembangan kemitraan yang terus bertumbuh – Prudential telah menjalin kemitraan bancassurance dengan Citibank, UOB Buana, Bank Rakyat Indonesia, Bank Danamon, Standard Chartered dan Bank Permata (diluncurkan pada tahun 2010).***(rls)

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: