Home > Asuransi, Perencanaan Keuangan > Manfaat Asuransi Jiwa

Manfaat Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa merepresentasikan kondisi saling membutuhkan antara perusahaan asuransi jiwa dengan para pemegang polis. Di satu sisi, ketika pemegang polis membayar premi sesuai prosedur, saat itu dia mendapatkan keuntungan yakni berlakunya proteksi bagi dirinya secara maksimal.

Di sisi lain, kepatuhan pemegang polis dalam membayar premi menghasilkan keuntungan bagi perusahaan Asuransi Jiwa karena premi bisa dihimpun sesuai rencana dan akumulasinya bisa dikelola secara maksimal.

Apa yang terjadi manakala pemegang polis tidak melakukan kewajibannya dengan baik? Ketika yang bersangkutan tidak melanjutkan pembayaran premi pada tahun kedua, dia sedang menumpuk potensi kerugian. Dia terluput dari proteksi Asuransi Jiwa seandainya dia mengalami peristiwa tak terduga, misalnya kecelakaan atau meninggal dunia.

Perusahaan asuransi jiwa mengalami kerugian manakala pemegang polis tidak menjalankan kewajibannya dengan baik. Secara kalkulatif, perusahaan asuransi jiwa baru bisa meraih keuntungan kumulatif ketika pemegang polis memasuki tahun kelima dari kewajibannya dalam membayar premi. Itu sebabnya, pembayaran premi yang berhenti sebelum waktunya bisa menimbulkan kerugian bagi perusahaan Asuransi Jiwa.

Bijak dalam Memutuskan
Secara empatis, saya mau menyampaikan dua pemikiran penting yang bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda sebagai calon pemegang polis, sebelum Anda melakukan eksekusi pembelian aneka produk asuransi jiwa.

Pertama, sebelum memutuskan diri untuk membeli produk asuransi tertentu, pastikan bahwa Anda memiliki prioritas pembelian terhadap satu produk asuransi, di antara berbagai produk yang tersedia. Bila Anda merasa bahwa biaya sekolah anak-anak Anda ke depannya menjadi satu kebutuhan yang signifikan, pertimbangkan dengan bijak bahwa kebutuhan Anda yang utama adalah produk asuransi pendidikan. Sebaliknya, bila Anda lebih memperhatikan aspek keselamatan dalam bekerja dan berusaha, pastikan bahwa pilihan Anda yang terutama adalah asuransi kesehatan.

Pertimbangan skala prioritas ini bisa memudahkan Anda untuk menempatkan alokasi pembayaran premi sebagai kebutuhan utama sehingga besaran premi tersebut bisa terakomodasi dari penghasilan yang Anda dapatkan. Langkah ini bisa mereduksi, bahkan mengeliminasi risiko terjadinya kegagalan pembayaran premi di tengah jalan.

Kedua, lakukan perhitungan secara cermat terhadap perbandingan besarnya biaya premi dengan besarnya penghasilan Anda. Secara proporsional, apa pun skema pembayaran yang Anda lakukan, seyogyanya pengeluaran Anda untuk alokasi pembayaran premi ada pada kisaran maksimal 10 persen dari total penghasilan Anda. Dengan cara ini, Anda bisa menghindarkan diri dari risiko kegagalan dalam membayar premi.

Pertimbangan yang saya sampaikan tersebut mungkin bisa menjadi pertimbangan bagi Anda. Yang lebih esensial, Andalah yang mengetahui prioritas kebutuhan dalam hal membeli produk asuransi. Anda pula yang memahami seberapa besar kemampuan Anda dalam mengalokasikan sejumlah dana untuk pembayaran premi asuransi jiwa. Itu sebabnya, keputusan yang terbaik tetap ada di tangan Anda.

Seyogyanya, alokasi pembayaran premi yang harus Anda keluarkan tidak menjadi beban finansial yang memberatkan! Sebaliknya, melalui proteksi yang terdapat dalam produk asuransi yang Anda beli, premi asuransi yang Anda bayar justru bisa meringankan beban Anda di kemudian hari. Esensinya, Anda mendapatkan proteksi dan perusahaan asuransi jiwa mendapatkan repeatedly payment, sehingga semua pihak mendapatkan manfaat yang maksimal dan saling menguntungkan.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: